Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (2024)

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (1)

Sumber gambar, Reuters

Presiden Iran Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan beberapa orang lainnya dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter pada Minggu (19/05) di barat laut Iran, kata TV pemerintah.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan Wakil Presiden Iran, Mohammad Mokhber akan menggantikan sem*ntara waktu posisi Ebrahim Raisi. Ia kan bertugas untuk memfasilitasi pemilihan presiden baru dalam 50 hari ke depan.

Rekaman drone yang diunggah di media sosial kantor berita negara Iran, IRNA, menunjukkan puing-puing helikopter Presiden Raisi. Rekaman tersebut tampak menunjukkan ekor helikopter di samping sebidang tanah yang hangus di lereng bukit yang dipenuhi puing-puing.

Tim penyelamat mengatakan tidak ada tanda-tanda kehidupan di lokasi tersebut.

Sebelumnya, operasi pencarian besar-besaran dilakukan di pegunungan barat laut Iran, setelah sebuah helikopter yang membawa Presiden Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dinyatakan hilang.

Lewatkan Artikel-artikel yang direkomendasikan dan terus membaca

Artikel-artikel yang direkomendasikan

Akhir dari Artikel-artikel yang direkomendasikan

Laporan media mengatakan helikopter itu – satu dari tiga helikopter yang melakukan perjalanan dalam konvoi – terjebak cuaca buruk dan kabut tebal sehingga helikopter tersebut harus melakukan “pendaratan darurat”.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (2)

Sumber gambar, Reuters

BBC Verify telah mengkonfirmasi lokasi jatuhnya helikopter di sebuah titik di pegunungan yang berjarak 2 km (1,2 mil) di sebelah barat daya Desa Uzi, di barat laut Iran.

Sebuah gambar dari helikopter yang jatuh, dibagikan oleh media Iran, Khabar Fouri di saluran Telegram-nya. Gambar ini telah di geolokasi oleh analis Nathan Ruser dari Australian Strategic Policy Institute dan diperiksa oleh BBC Verify.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (3)

Gambar yang sama juga telah dibagikan oleh kantor berita Tasnim, yang berafiliasi erat dengan Garda Revolusi Iran.

Lokasi yang tepat di lereng bukit dapat dicoco*kkan dengan membandingkan pola pepohonan dan topografi di foto dengan citra satelit dari Google Earth (seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas).

Helikopter dapat dilihat di pepohonan di lereng timur pada ketinggian sekitar 2200m (7218 kaki).

Apa yang terbaru dari insiden ini?

Seiring dengan semakin banyaknya rincian yang muncul tentang kecelakaan helikopter tersebut, dilaporkan salah satu penumpang helikopter ada yang sempat meminta pertolongan.

Ia adalah Mohammad Ali Al-Hashem, Imam Shalat Jumat di Tabriz, kota yang menjadi tujuan konvoi tersebut.

Menurut Mohammad Nami, kepala Badan Manajemen Krisis Iran, Al-Hashem selamat selama satu jam setelah kecelakaan. Dia bahkan mencoba melakukan kontak dengan kantor presiden.

"Tidak ada tes DNA yang diperlukan untuk mengidentifikasi para penumpang," kata Nami. Secara keseluruhan, sembilan orang termasuk kru penerbangan tewas dalam kecelakaan helikopter tersebut.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (4)

Seperti dilaporkan sebelumnya, tim penyelamat menemukan lokasi jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi. Namun menurut Kepala Asosiasi Bulan Sabit Merah Iran kepada stasiun televisi pemerintah, pesawat dalam kondisi "tidak baik”.

"Tidak ada tanda-tanda kehidupan" yang tampak dari helikopter Presiden Ebrahim Raisi, kata TV pemerintah.

  • Apa yang akan terjadi setelah kematian Ebrahim Raisi dan siapa yang berkuasa dalam teokrasi Iran?

  • Bagaimana nasib Iran setelah kematian Presiden Ebrahim Raisi?

  • Pembunuhan, pemecatan, kabur ke luar negeri, hingga kecelakaan: Nasib sembilan kepala pemerintahan Iran sejak Revolusi 1979

Dari rekaman sebuah drone yang dikirim oleh Turki untuk membantu pencarian helikopter Presiden Raisi telah mengidentifikasi sumber panas, menurut kantor berita Anadolu.

Rekaman dari drone jarak jauh Bayraktar Akinci yang dirilis oleh badan tersebut menunjukkan pemandangan udara dari lanskap di malam hari dan noda gelap di tempat yang tampak seperti lereng bukit.

Badan tersebut mengatakan koordinat situs tersebut telah dibagikan kepada pihak berwenang Iran.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (5)

Sumber gambar, Reuters

TV Iran menayangkan tayangan tim penyelamat berjalan menaiki lereng curam di tengah hujan dan kegelapan.

sem*ntara itu Hossein Salami, komandan Korps Pengawal Revolusi (IRGC) elit Iran, telah melakukan perjalanan ke lokasi kecelakaan untuk menyelidiki dan mempercepat operasi penyelamatan, lapor kantor berita negara IRIB.

Helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian terlibat dalam insiden kecelakaan.

Menurut media setempat, Presiden Raisi sedang menuju kota Tabriz di barat laut Iran, setelah kembali dari peresmian bendungan Qiz Qalasi dan Khodaafarin di perbatasan Iran dengan Azerbaijan.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (6)

Sumber gambar, Reuters

Seorang reporter dari kantor berita Fars, melaporkan proses pencarian helikopter yang jatuh menghadapi kesulitan karena kabut membuat jarak pandang di kawasan pegunungan dan hutan berkurang menjadi hanya sekitar lima meter.

Daerah ini berjarak sekitar 50km ke arah utara Tabriz.

Rekaman yang muncul di televisi pemerintah menunjukkan jamaah berdoa untuk kesehatan presiden di kota suci Masyhad.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (7)

Sumber gambar, EPA-EFE/REX/Shutterstock

Siapa Ebrahim Raisi?

Ebrahim Raisi adalah ulama garis keras yang dekat dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Terpilihnya Raisi sebagai presiden pada tahun 2021 mengkonsolidasikan kontrol kaum konservatif di seluruh wilayah Republik Islam.

Lahir pada tahun 1960 di Masyhad, ia mengikuti jejak ayahnya, seorang ulama, dan mulai mengikut pendidikan agama ketika ia berusia 15 tahun.

Dia turut berdemonstrasi menentang Shah yang didukung Barat, yang digulingkan pada tahun 1979, ketika masih menjadi mahasiswa dan kemudian menjadi wakil jaksa di Teheran pada usia 25 tahun.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (8)

Sumber gambar, WANA/Reuters

Pada akhir tahun 1980-an, ia duduk di pengadilan rahasia yang diyakini telah menjatuhkan hukuman mati terhadap ribuan tahanan politik dalam apa disebut sebagai "kejahatan terhadap kemanusiaan" menurut kelompok hak asasi manusia.

Raisi menggantikan Hassan Rouhani sebagai presiden setelah jajak pendapat yang menunjukkan banyak kandidat moderat dan reformis dilarang dan mayoritas pemilih menolaknya.

Dia mengambil alih kekuasaan ketika Iran sedang menghadapi banyak tantangan, namun masa jabatannya didominasi oleh protes anti-pemerintah serta perang yang terjadi di Gaza saat ini.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (9)

Sumber gambar, AFP

Apa reaksi dari negara-negara lain?

Rusia telah mengirimkan tim penyelamat ke Iran untuk membantu pencarian Presiden Raisi, menurut media pemerintah Rusia.

RIA Novosti melaporkan, tim tersebut terdiri dari 47 penyelamat spesialis, sejumlah kendaraan segala medan, dan sebuah helikopter.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (10)

Sumber gambar, Reuters

Lewati Podcast dan lanjutkan membaca

Investigasi: Skandal Adopsi

Investigasi untuk menyibak tabir adopsi ilegal dari Indonesia ke Belanda di masa lalu

Episode

Akhir dari Podcast

Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden telah diberi pengarahan mengenai kecelakaan itu.

sem*ntara petinggi Partai Demokrat di Senat AS, Chuck Schumer, mengatakan "pada saat ini tidak ada bukti adanya pelanggaran" terkait insiden kecelakaan helikopter tersebut, namun ia akan "terus memantau situasi yang terjadi".

“Saat itu cuaca berkabut sangat buruk di barat laut Iran tempat helikopter itu jatuh, jadi sepertinya ini kecelakaan tapi masih diselidiki sepenuhnya,” katanya pada konferensi pers.

"Bagus sekali" adalah reaksi Michael Waltz, ketua Komite Angkatan Bersenjata DPR dari Partai Republik.

“Raisi adalah seorang pelanggar hak asasi manusia yang kejam sebelum dan selama masa kepresidenannya,” tulisnya di X.

“Jika Raisi meninggal, dunia sekarang menjadi tempat yang lebih aman dan lebih baik,” kata Rick Scott, seorang anggota Partai Republik dari Florida pada X.

“Jika dia pergi, saya benar-benar berharap rakyat Iran memiliki kesempatan untuk merebut kembali negara mereka dari para diktator yang kejam,” tambahnya.

Bagaimana reaksi dari sekutu Iran?

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menyampaikan belasungkawa kepada "sahabatnya" Presiden Raisi. Dalam pernyataan di X - dulunya Twitter - dia mengatakan telah menyaksikan "upaya Raisi untuk mencapai perdamaian" di Iran dan wilayah yang lebih luas.

Penjabat perdana menteri Afghanistan, Mullah Mohammad Hassan Akhund menyatakan turut merasakan "kesedihan yang dirasakan Republik Islam Iran dan rakyatnya."

Setelah Hamas, pemiimpin Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas juga menyampaikan "belasungkawa dan simpati yang tulus kepada persaudaraan rakyat Iran".

Emir Sheikh Tamim bin Hamad a Thani, salah satu dari sedikit sekutu Iran di Teluk, Qatar, menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran.

Negara tetangga, Irak juga menyatakan "solidaritasnya terhadap persaudaraan rakyat Iran".

Dari sekutu yang jauh, Presiden Venezuela, Nicolas Maduro menulis di X, bahwa ia sangat sedih "harus mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang patut dicontoh, pemimpin dunia yang luar biasa".

Apa yang terjadi selanjutnya?

Konstitusi Iran mempunyai solusi yang jelas jika seorang presiden tidak mampu menjalankan tugasnya karena sakit, meninggal, atau dimakzulkan dan diberhentikan oleh parlemen.

Badan ini menugaskan wakil presiden – dalam hal ini, Mohammad Mokhber – untuk menjalankan urusan negara dan bersama-sama dengan ketua parlemen dan lembaga peradilan mengawasi pemilihan presiden baru dalam waktu maksimal 50 hari.

Dalam keterangan terbaru, Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei melalui akun X, mengkonfirmasi bahwa Mohammad Mokhber menggantikan Ebrahim Raisi sebagai kepala negara sem*ntara waktu.

Ia mengatakan, Mokhber akan bekerja sama dengan lembaga lain - di legislatif dan yudikatif - dalam memfasilitasi pemilihan presiden baru dalam 50 hari ke depan.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (11)

Sumber gambar, Reuters

Dengan adanya konfirmasi ini, rezim di Iran akan mengambil tindakan untuk menyelenggarakan pemilihan presiden baru – pemilu yang kemungkinan besar tidak akan menarik lebih banyak perhatian masyarakat dibandingkan pemilu sebelumnya.

Terakhir kali, semua penantang serius Raisi dilarang mencalonkan diri, sehingga membuka jalan baginya untuk menjabat dengan jumlah pemilih terendah (sekitar 30% dari pemilih yang memenuhi syarat), sem*ntara mayoritas pemilih memboikot apa yang mereka lihat sebagai pemilu yang tidak jujur.

Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh: Presiden dan Menlu Iran dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter - Apa yang diketahui sejauh ini - BBC News Indonesia (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Wyatt Volkman LLD

Last Updated:

Views: 6234

Rating: 4.6 / 5 (46 voted)

Reviews: 93% of readers found this page helpful

Author information

Name: Wyatt Volkman LLD

Birthday: 1992-02-16

Address: Suite 851 78549 Lubowitz Well, Wardside, TX 98080-8615

Phone: +67618977178100

Job: Manufacturing Director

Hobby: Running, Mountaineering, Inline skating, Writing, Baton twirling, Computer programming, Stone skipping

Introduction: My name is Wyatt Volkman LLD, I am a handsome, rich, comfortable, lively, zealous, graceful, gifted person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.